Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

Dinas PMD Kabupaten Pasuruan Gelar Rapat Teknis Optimalisasi Prodeskel Tahun 2019

16 Oktober 2019 09:54:54 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, PASURUAN - Kementerian Dalam Negeri juga mengembangkan aplikasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) sebagai salah satu cara bagi Kemendagri untuk memantau data desa yang nantinya data tersebut menjadi acuan untuk menetapkan besaran dana desa disuatu desa.  Menyambut aplikasi tersbut Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pasuruan menggelar Rapat Teknis Optimalisasi Profil Desa/Kelurahan Tahun 2019 yang diikuti oleh seluruh operator desa se Kabupaten Pasuruan bertempat di Rumah Makan Karunia Gadingrejo Kota Pasuruan, Rabu (16/10/2019).

Pak Novi  Hendra Irawan salah satu pemateri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur memaparkan tujuan dari kegiatan kali ini untuk mempercepat penyusunan profil dan melihat kualitas pembangunan.

“tujuan dari rapat teknis ini tidak lain untuk mempercepat implementasi penyusunan profil desa dan kelurahan berbasis teknologi informasi, yang relevan untuk dasar perencanaan pembangunan serta dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya desa dan kelurahan”. Paparnya.

Lebih lanjut Novi menegaskan Proses perencanaan memang tidak dapat dilepaskan dari proses penganggaran. Keduanya merupakan sebuah siklus dan saling terkait erat. Sumber-sumber pendanaan desa, seperti dana desa akan semakin terserap secara optimal manakal proses perencanaan sesuai dengan kebutuhan yang didasarkan pada data desa yang tersedia. (bahru/**)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Artikel

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]