Mari Bersama-sama Mewujudkan Desa Dayurejo yang Bersih, Relegius, Sejahtra, Rapi dan Indah melalui Akselerasi Pembangunan yang berbasis Keagamaan, Budaya Hukum dan Berwawasan Lingkungan dengan berorentasi pada peningkatan Kinerja Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat

Artikel

FORKOPIMCAM PRIGEN GELAR MUSRENBANG RKPD KECAMATAN PRIGEN TAHUN 2020

17 Februari 2020 11:48:13 Administrator Berita Desa

DAYUREJO.DESA.ID, Prigen – Forkopimcam Kecamatan Prigen gelar Musrenbang RKPD Kecamatan Prigen Tahun 2020 dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 di Aula Kecamatan Prigen, Senin (17/02).

Musrenbang yang mengusung tema “Peningkatan Konektivitas Infrastruktur Daerah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berbasis Kawasan, dan Peningkatan Pelayanan Dasar” itu dihadiri oleh Perwakilan Bappeda, Camat beserta staff, Kaplsek, Danramil, Anggota DPRD Kecamatan Prigen dari Fraksi PKB dan PDIP, 18 OPD Kabupaten Pasuruan, TP PKK dan Pokja, Ketua Tim RKPD, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Prigen, BPD, LPM dan Tokoh Masyarakat.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Prigen Bapak Mujiono, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya Camat Prigen mengajak kepada seluruh peserta yang hadir untuk nantinya menyusun kebutuhan prioritas dalam pembangunan tahun 2021.

“Mari seluruh kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Prigen untuk mulai merangcang pembangunan yang paling diprioritaskan dalam jangka 5 tahun mendatang. Acara kali ini untuk penentuan usulan RKPD Kabupaten Pasuruan tahun 2021. Sekarang musrenbang seperti ini sudah ada sistem yang mengintegrasikan antara E-Planning dan E-Badgeting yang tentu akan mempermudah dalam pengolahannya karena langsung bisa terintegrasi dengan pemerintah Kabupaten. Musrenbang hari ini akan dibagi menjadi tiga bidang diantaranya Pertama, Bidang Sarpras/Fisik yang diikuti oleh Lurah/Kepala Desa, BPD dan LPM. Kedua, Bidang Ekonomi yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan Prigen beserta seluruh Pokja. Ketiga, Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya untuk Perangkat dan Tokoh Masyarakat. Untuk itu, mari gunakan kesempatan ini untuk memunculkan ide-ide kreatif yang akan menunjang pembangunan dari berbagai segi”. Sambutnya

“Hal yang paling penting yang perlu didahulukan untuk program desa/kelurahan adalah melihat dari program unggulan Kabupaten Pasuruan adalah Program Agawe (Ayo Gawe WC) dan SDSB (Satu Desa Satu Bank Sampah). Untuk itu saya berharap di Kecamatan Prigen, tahun ini harus memaksimalkan program tersebut agar Kecamatan Prigen menjadi salah satu Kecamatan yang sudah ODF”. Lanjut Mujiono

Bapak Drs. Agus Suyanto dari DPRD Kabupaten Pasuruan Fraksi PKB menegaskan bahwa usulan yang disampaikan oleh desa/kelurahan harus tepat sasaran dan sesuai dengan visi dan misi Bapak Bupati Pasuruan.

“Program pembangunan yang dibawa oleh desa/kelurahan harus program priorotas dan sesuai alur visi dan misi Bupati Pasuruan. Tentu disini kita butuh kecermatan dalam menyusun program, hal ini sangat berpengaruh untuk keberhasilan program tersebut.” tegasnya

Sementara Ir. H. Sugianto Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan Fraksi PDIP menambahkan bahwa yang tidak kalah pentingnya adalah program antisipasi Bencana Alam dengan cuaca yang ekstrim saat ini.

“Saya hanya menambahkan agar seeluruh desa/kelurahan di musim yang ektrim seperti ini harus selalu waspada terhadap banjir dan longsor apalagi Kecamatan Prigen ini termasuk dalam kategori dataran tinggi. Maka dari itu, harus ada program yang diusulkan untuk mengantisipasi bencana alam yang timbul dari cuaca ekstrim ini. Misalnya bencana banjir dan tanah longsor yang tidak menutup kemungkinan dengan wilayah gegrafis dataran tinggi seperti di Prigen ini akan juga berdampak”Tambahnya. (bahru/**)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Sinergi Program

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
4,951 Jiwa 
PEREMPUAN
5,238 Jiwa 

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

STATISTIK KEPENDUDUKAN

[removed][removed]